Wakil Bupati Tanjabbar Hadiri Pembukaan MTQ Nasional XXIX Di Banjar

oleh -47 Dilihat

WAKIL Bupati (Wabup) Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) H. Hairan, SH yang juga Ketua LPTQ Tanjabbar, beserta Istri Uni Yati Hairan, menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional XXIX Tahun 2022, yang berlangsung di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Rabu (12/10/2022).

MTQ yang mengusung tema “Dengan MTQ Nasional kita tingkatkan kualitas SDM yang unggul dan Qur`ani untuk mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat” ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin. Rencananya, pelaksanaan lomba MTQ Nasional tahun ini dilaksanakan di beberapa daerah di Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Kabupaten Banjar, Kabupaten Banjar Baru, dan Kota Banjarmasin mulai tanggal 10 sampai 19 Oktober 2022.

Acara pembukaan diawali dengan persembahan Tarian Sinoman Hadrah yang merupakan kesenian tradisional asal Kalsel binaan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banjar, kemudian dilanjutkan defile Kafilah dari 34 Provinsi di Indonesia. Seluruh perwakilan masing-masing Provinsi berjalan melintasi panggung kehormatan dengan menampilkan corak dan ciri khasnya di hadapan para tamu undangan.

Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan perkembangan kehidupan beragama selama ini di Indonesia terbilang cukup baik, terutama pada tingkat pelaksanaan ritual keagamaan yang didukung oleh meningkatnya penyediaan sarana dan fasilitas keagamaan. Menurutnya, Salah satu program pembangunan bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat dan diantaranya melalui kegiatan MTQ.

“Kegiatan MTQ ini merupakan pengembangan syiar islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam illahi untuk meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan dan memperluas fungsi edukatif daripada kitab suci Al Qur`an bagi umat islam,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang luar biasa, serta mengucapkan selamat datang kepada kafilah di Bumi Lambung Mangkurat Kalsel Babussalam. Ia berharap, pelayanan yang disediakan selama MTQ Nasional berlangsung dapat memenuhi keinginan dan sesuai harapan kafilah semua.

“Kami bahagia dan terhormat, Kalsel mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah perhelatan MTQ Nasional. Ini menjadi catatan bersejarah bagi daerah kami setelah 52 tahun Kalsel menjadi tuan rumah MTQ Nasional yang ke tiga pada tahun 1970.

“Bagi masyarakat dan Pemprov Kalsel kepercayaan sebagai tuan rumah mengandung tanggung jawab besar dalam mensukseskan perhelatan ini,” ucap Gubernur.

(yn)