Di Sela Acara ASEAN Meeting of Attorneys General 2018, Jaksa Agung Tinjau Pelayanan Konsuler Di KBRI Singapura

oleh -30 Dilihat
Jaksa Agung HM Prasetyo Tinjau Langsung Buruh Migran Dan WNI Di KBRI Singapura
Jaksa Agung HM Prasetyo Tinjau Langsung Buruh Migran Dan WNI Di KBRI Singapura

Jakarta – Melalui siaran pers yang diterima, Jumat (27/7/2018) menjelaskan, sebagai wujud hadirnya Negara dalam perlindungan terhadap buruh migran dan WNI di Singapura, Jaksa Agung HM Prasetyo meninjau langsung pelayanan konsuler di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura, di sela acara ASEAN Meeting of Attorneys General 2018, Kamis (26/7).

Jaksa Agung berharap, kehadiran Atase Kejaksaan yang sebentar lagi akan ditugaskan di KBRI Singapura tidak saja dapat membantu menyelesaikan persoalan hukum para pekerja migran, tetapi juga dapat memberikan konseling dan pemahaman. “sehingga mereka mengetahui aturan hukum dengan benar, serta hak-hak dan kewajiban hukumnya,” ujarnya.

Jaksa Agung juga meminta, KBRI untuk memperhatikan secara serius pekerja migran dan WNI yang tersangkut masalah hukum serta mencari tahu akar persoalannya, sehingga dapat segera menanganinya dan solusi terbaik untuk mereka.

Prasetyo juga berharap, pelayanan dan perlindungan terhadap pekerja migran dapat lebih ditingkatkan, untuk memastikan agar upah yang mereka terima sesuai dengan standar dan hak dasarnya terpenuhi.

Oleh karena itu, Jaksa Agung menyarankan, agar kontrak kerja antara pekerja dan majikan yang dilakukan di KBRI dapat melibatkan agen (penyalur), sehingga dapat ikut bertanggungjawab ketika pekerja migran dirundung masalah.

Jaksa Agung pada kegiatan itu menyampaikan, tentang kebijakan penegakan hukum dan perkembangan hukum terkini di Tanah Air, serta berbagai capaian dan keberhasilan pemerintahan Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang kompetitif dan sejajar dengan negara-negara lain di dunia.

Untuk itu, Jaksa Agung mengharapkan duta besar beserta segenap jajarannya untuk senantiasa mempromosikan Indonesia serta mengundang para investor untuk menanamkan modalnya di Tanah Air.(Her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *