Senin , Juli 26 2021

Mendra Kurniawan Pimpin Perguruan Silat Pulau Kelapa Kabupaten Bangka

Bangka – Mendra Kurniawan terpilih secara aklamasi menjadi Ketua perguruan silat Pulau Kelapa (PK) Kabupaten Bangka periode 2020 – 2024, Minggu (30/8/2020) lalu.

Pada kesempatan tersebut, Mendra Kurniawan menuturkan, untuk langkah awal akan melakukan penataan di dalam struktur organisasi. Dan untuk jangka menengah akan menghidupkan pengurus di tingkat Kecamatan.

“Untuk saat ini di Kabupaten Bangka sendiri sudah ada di beberapa titik lokasi yang dibuka untuk tempat latihan. Dan sampai saat ini atlet yang masih aktif sudah ada sekitar 300 orang yang terbagi dibeberapa tempat latihan. Nantinya kami akan lebih mengenalkan silat Pulau Kelapa khususnya di Kabupaten Bangka, dan kalau bisa se Indonesia,” tegasnya.

Menurut keterangan Mendra Kurniawan, jika dalam waktu dekat ini pihaknya sedang menyiapkan pesilatnya untuk kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPD) tingkat SMA.

“Kami berharap nantinya pemerintah daerah melalui IPSI dapat membina seluruh perguruan pencak silat khususnya yang asli dari Pulau Bangka. Dan kita berkeyakinan dapat mempulau kelapakan perguruan ini di seluruh wilayah, minimal perguruan persilatan Pulau Kelapa dapat melahirkan atlet-atlet yang berprestasi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Perguruan Persilatan Pulau Kelapa Provinsi Bangka Belitung Izkar Rasyidi mengatakan, jika selama ini kinerja kepengurusan yang lama sudah bagus, maka dengan kepengurusan yang baru tersebut diharuskan dapat menjadi lebih bagus lagi. Dengan sistem koordinasi dan konsolidasi harus tetap dijalankan.

“Mudah mudahan dengan perkumpulan silat ini dapat melahirkan atlet-atlet silat yang handal, baik di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Internasional. Dan saya berharap dibawah kepemimpinan Mendra Kurniawan perguruan silat Pulau Kelapa di Kabupaten Bangka dapat lebih eksis dan semangat,” harap Izkar Rasyidi.

Dengan sejarah yang telah dilakukan oleh perguruan silat Pulau Kelapa dengan menghasilkan atlet di tingkat nasional, maka ia dalam waktu dekat ini menginginkan dan akan membentuk kepengurusan di Kabupaten Bangka Barat dan Kota Pangkalpinang. Dan tidak menutup kemungkinan akan dibentuk kepengurusan juga untuk di seluruh kabupaten yang ada di Provinsi Bangka Belitung.

“Saya berpesan kepada perguruan silat lainnya agar dapat satu visi dan misi untuk menjadikan silat sebagai momentum menjalin tali silaturahmi dibawah naungan IPSI. Saya ingin berpesan kepada pengurus yang baru agar semakin kompak untuk mencapai tujuan yang lebih besar,” tukasnya.(HR)

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates