Siaga Bencana, Tim SAR Sat Brimob Polda Jabar Langsung Ke Lokasi Banjir Bandang Di Puncak Bogor

oleh -22 Dilihat

Jawa Barat – Banjir bandang terjadi kawasan Puncak Bogor, tepatnya merendam Desa Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (19/1/2021).

Mendengar informasi adanya bencana di kawasan Puncak, Tim SAR Sat Brimob Polda Jabar langsung menerjunkan anggotanya menuju lokasi, dan langsung mengevakuasi masyarakat serta membantu masyarakat dalam memindahkan barang-barang berharga yang yang terkena banjir bandang.

Ratusan warga berhasil dievakuasi, kemudian mengungsi di masjid serta Wisma PTPN VIII Gunung Mas yang lokasinya jauh dari titik banjir. Namun demikian, hingga kini petugas gabungan TNI-POLRI bersama Basarnas belum dapat memastikan mengenai adanya korban jiwa atau korban hanyut terbawa aliran sungai yang meluap, karena masih dalam proses penanganan.

Sementara itu, Dansat Brimob Polda Jabar, Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menyampaikan, masyarakat kalau tetap berada di lokasi sangat berisiko, khawatir terjadi lagi banjir bandang. “Untuk masyarakat jangan dahulu mendekat ke lokasi banjir bandang. Hal ini dikhawatirkan terjadi banjir susulan. Karena kondisi di hulu sungai masih turun hujan,” ujarnya Yuri Karsono.

Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., juga menambahkan, kegiatan evakuasi ini merupakan salah satu bentuk Bakti Sat Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat.

“Ini merupakan wujud Bhakti Sat Brimob Polda Jabar dalam penanganan bencana untuk menciptakan rasa aman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan masyarakat dalam melaksanakan evakuasi″, ujarnya Kombes Pol. Yuri Karsono.(Moh. Asep)